Pramuka Kwarcab Toba Peserta Jamdasu dan Jamnas 2022 Terima Sertifikat dan Tiska

WAKIL Bupati Toba,Tonny M.Simanjuntak yang juga sebagai Wakil Ketua Kwartir Cabang (Wakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Toba menyampaikan rasa bangga dan syukur karena kontingen Toba yang mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) 2022 dalam keadaan sehat dan tiba kembali ke Kabupaten Toba juga dalam keadaan sehat.

Hal ini disampaikan Wabup Tonny didampingi Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb yang juga sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Toba pada acara penyerahan Sertifikat dan Tiska kepada Pramuka Penggalang Jambore daerah Sumatra Utara (Jamdasu) dan Jamnas di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (7/9/2022).

“Mari kita bersama membangun kekompakan sesama anggota pramuka,” ujar Wabup Tonny kepada para peserta dan perwakilan orang tua.

Wabup Tonny juga meminta supaya kontingen Kwarcab Toba tetap menanamkan sifat gotong royong dan tetap semangat untuk kegiatan positif selanjutnya. “Tetap semangat adek-adek kami, kami siap mendukung kegiatan positif dari Gerakan Pramuka Kwarcab Toba,” katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang terus memberikan dukungan kepada para anak -anak yang bergabung dalam kegiatan pramuka.

Sebelumnya, Mutiara Siagian pelajar SMP Negeri 1 Sigumpar sebagai peserta Jamdasu 2022 menyampaikan kesan dan pesan. Mutiara mengaku mendapat banyak pelajaran positif selama mengikuti jambore.

Ia mengatakan para peserta pramuka dikenalkan dengan berbagai kegiatan positif seperti penghijauan, daur ulang botol plastik yang dapat jadi sebuah kerajinan yang dapat digunakan dengan baik ,permainan tradisional, dan diperkenalkan tarian dan pakaian daerah. “Kita mendapat pelajaran dan pengalaman berharga buat saya yang bisa dibagi dengan teman di sekolah,” kata Mutiara.

Selanjutnya, Akbar Sitorus peserta Jamnas 2022 menceritakan pengalamannya . Ia merasakan bertambahnya Ilmu pengetahuan. Termasuk menjadi lebih kenal akan suku ,agama dan budaya dari sesama pramuka yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Ia juga bangga bisa bertemu orang -orang penting.Ia berharap para pramuka yang mengikuti Jamnas dapat menjadi teladan agar bisa diterapkan di gugus masing-masing. Ia pun meminta kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Toba,agar kegiatan pramuka diaktifkan kembali ,setelah 2 tahun ini tidak ada kegiatan di daerah ini.

Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb dalam arahannya langsung merespon permintaan pengaktifan kegiatan Pramuka di Toba. Disebutkan akan ada kegiatan lanjutan pramuka di alam dan pantai Pasific, Porsea.

“Yang penting jangan lupa tugas pokok belajar, hormatilah orang tua guru dan kakak pembina,” kata Kapolres Taufiq.

Selanjutnya Wabup Tonny dan Kapolres Taufiq menyerahkan sertifikat dan tiska kepada 64 peserta Jamdasu pada 15-20 Juli 2022 di Bumi Perkemahan Sibolangit dan kepada 16 peserta Jamnas 2022 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, 14-21 Agustus 2022.

Hadir Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik Pemkab Toba sekaligus Ketua Satuan Karya (Saka) Gerakan Pramuka Kwarcab Toba Audi Murphy O. Sitorus, Risma,Harianto Butarbutar dan pengurus lainnya.

Turut hadir Kasat Binmas Polres Toba AKP S. Sinaga, Kasi Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir ,
Kabid pembinaan kepemudaan, Pintor Napitupulu,Kabid PIKP Dinas Kominfo Toba Rikardo Simamora, dan tim Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.


INFO PUBLIK/MC KAB TOBA

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *