CUCURAK PJ96

MENJELANG bulan suci Ramadhan tahun 2023 ini, Purna Jamnas 1996 berencana mengadakan kegiatan Cucurak yang insyallah diadakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan.

Rencana ini disampaikan dalam pertemuan di Monas pada Minggu(22/1), yang dihadiri teman-teman PJ96 diantaranya Daniel, Edward, Nina Febriany, Alimah, Gofur Ritonga, Darwin dan Yasser Arafat Ritonga selaku Ketua PJ96.

Ketua Yasser mengatakan rencana kegiatan ini guna meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi PJ96 yang cukup lama tak berkegiatan sejak pandemi kemarin. Ketua Yar juga mengajak partisipasi dan kesediaan teman-teman yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tahunan itu.

Dalam pertemuan itu juga disepakati Ka Edward menjadi koordinator kegiatan Munggahan yang sedianya akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Untuk biaya dan perlengkapan yang dibutuhkan serta teknis acara akan disampaikan kemudian secara terpisah. (DR/JP96)

Istilah CUCURAK
Cucurak adalah tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia menjelang bulan suci Ramadhan. Cucurak biasa dikenal dengan istilah Munggahan atau Papajar. Sedangkan di daerah Jawa Tengah kegiatan ini disebut Punggahan. Apapun namanya, tradisi ini adalah tradisi atau kegiatan yang sama, hanya berbeda wilayah saja dalam penyebutannya. Bentuk pelaksanaan Cucurak sendiri memang bervariasi. Namun, umumnya kegiatan ini dilakukan dengan cara makan bersama kerabat atau keluarga, saling bermaafan, berdoa bersama, dan bersedekah memohon keberkahan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *