Cuaca Ekstrem, Jambore Dunia 2023 di Korsel Menuai Sorotan

WORLD Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea Selatan menuai sorotan usai cuaca ekstrem dan tuduhan persiapan yang kurang matang. Jambore Pramuka Dunia 2023 digelar di Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan pada 1-12 Agustus 2023. Sejumlah negara seperti Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris menarik para pramukanya tapi kontingen RI memilih untuk tetap bertahan.

Namun, gelombang panas yang ekstrem telah menyebabkan ratusan pramuka jatuh sakit. Kondisi itu memaksa Seoul untuk mengerahkan dokter militer, menawarkan bus ber-AC, dan berjanji akan berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan acara tersebut.

Menurut pantauan media lokal Dispatch pada Sabtu (5/8), suasana di dalam tenda terasa lebih panas, meski saat itu suhu menunjukkan angka 33,9 derajat Celsius. Alas tenda yang terbuat dari palet juga membuat peserta kurang nyaman, sehingga memilih untuk beristirahat di luar, seperti di jalanan.

Mirisnya, lingkungan sekitar juga penuh genangan akibat guyuran hujan lebat beberapa waktu lalu di kawasan perkemahan. Tidak hanya itu, terdapat pula sejumlah makanan untuk peserta yang ternyata sudah rusak, termasuk telur busuk. Fasilitas toilet dan kamar mandi pun dinilai kurang memadai, dengan bau menyengat dan sampah berserakan di lantai.

RI Bertahan di Jambore Dunia

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengungkap kontingen Indonesia tetap bertahan mengikuti kegiatan Jambore Dunia di tengah cuaca panas ekstrem yang melanda Korea Selatan. Kwarnas menyampaikan rencana darurat juga telah disiapkan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan kontingen Indonesia masih bertahan dan ingin tetap melanjutkan jambore. Dito mengatakan pihaknya akan terus memantau ketat kondisi para kontingen Indonesia di Korea Selatan. Dito mengaku sudah meminta ketua kontingen untuk segera mengantisipasi bila ada keadaan yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kontingen Indonesia dalam kondisi baik-baik saja. Retno mengatakan Indonesia belum berencana menarik kontingen yang dikirim ke Jambore Dunia seperti beberapa negara lainnya.

Referensi Artikel :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *